Search

Home / Aktual / Advertorial

P2KBP3A Badung Latih Perempuan Industri Rumahan

Editor   |    09 Juli 2024    |   15:35:00 WITA

P2KBP3A Badung Latih Perempuan Industri Rumahan
Dinas P2KBP3A Badung menggelar pelatihan industri rumahan bagi perempuan, Selasa (9/72024) di Mangupura. (foto/adi)

MANGUPURA, PODIUMNEWS.com - Guna memperkuat ketahanan ekonomi keluarga, Dinas P2KBP3A Badung menggelar pelatihan industri rumahan bagi perempuan, Selasa (9/72024) di Mangupura.

Pelatihan dibuka Kepala Dinas P2KBP3A I Nyoman Gunarta ini diikuti Organisasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Badung serta kelompok tani wanita di Badung.

Kegiatan berlangsung dua hari dari tanggal 9-10 Juli 2024 dan diikuti 50 peserta ini bertujuan meningkatkan potensi diri dan wawasan ibu rumah tanggal tentang potensi kemampuan ekonomi perempuan.

Sedangkan narasumber yang dihadirikan berasal dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dan Moderna Indonesia.

Kepala Dinas P2KBP3A Badung dr I Nyoman Gunarta menyatakan ada  pilar-pilar yang dibesarkan Presiden Soekarno  yang harus diemban dalam hal pemberdayaan perempuan, perlindungan anak.

Pertama adalah pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan. Kedua, meningkatkan peran ibu dan keluarga dalam pendidikan serta pengasuhan anak. Terakhir, ketiga adalah penurunan pekerja anak dan pencegahan perkawinan usia dini.

"Yakinkan bahwa setelah pelatihan ada hal-hal positif yang ibu-ibu bisa bawa ke keluarga," ujarnya. (adi/suteja)

Karena setelah pelatihan, peserta akan melakukan praktek secara langsung. "Ada praktek langsungnya, sehingga nanti ibu-ibu rumah tangga ini bisa menghasilkan suatu produk yang bisa mendukung kemandirian, asupan gizi keluarga yang bisa dipertahankan dari segi kesehatnnya," jelasnya.

Ia pun berherap peserta yang merupakan ibu rumah tangga ini akan makin meningkat kemandirian mereka. "Dengan kegiatan yang positif seperti ini tingkat kemandirian perempuan ibu rumah tangga di Badung bisa meningkat,” sebutnya.

Ketua DWP Badung Rasniati Adi Arnawa turut mendukung program pemberdayaan perempuan di bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya yang berimplikasi secara signifikan pada naiknya indeks pembangunan manusia, indeks pembangunan gender serta indeks pemberdayaan gender di Badung.

"Bagi para peserta semoga kegiatan ini bermanfaat dan berdampak pada peningkatan semangat pendapatan perempuan, peningkatan kualitas, serta peningkatan peran perempuan dalam pembangunan,” ujarnya. (adi/adv)


Baca juga: Disdukcapil Badung Dorong Semua Desa Menuju Desa Cerdas