Search

Home / Aktual / News

PKBI Bali Kecam Penggusuran Sepihak Kantor PKBI Nasional

Editor   |    11 Juli 2024    |   13:30:00 WITA

PKBI Bali Kecam Penggusuran Sepihak Kantor PKBI Nasional
Ilustrasi logo PKBI. (pkbi)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Bali mengecam tindakan penggusuran sepihak tak manusiawi  yang menimpa kantor PKBI Nasional di Jakarta pada Rabu, 10 Juli 2024.

Ketua Pengurus PKBI Daerah Bali dr Oka Negara mengungkapkan bahwa penggusuran ini dilakukan tanpa perintah eksekusi pengadilan, dengan melibatkan sekitar 100 personel Satpol PP yang dibackup oleh belasan aparat kepolisian dan TNI.

dr Oka Negara menegaskan bahwa PKBI Bali sangat menyayangkan cara-cara tidak manusiawi yang digunakan dalam penggusuran tersebut. Karena hal itu menyebabkan produk pengetahuan dan aset milik PKBI Nasional tercecer dan rusak.

“Tindakan ini mencederai nilai-nilai kemanusiaan dan seolah melupakan sejarah panjang kontribusi PKBI terhadap bangsa Indonesia,” tegas dr Oka Negara melalui keterangan tertulis, Kamis (11/2024) di Denpasar.

Ia menjelaskan bahwa PKBI Nasional telah menempati lahan di Hang Jebat, Jakarta itu sejak tahun 1970 berdasarkan hibah dari Gubernur DKI Ali Sadikin.

Selain itu, selama 55 tahun, PKBI telah memberikan kontribusi besar dalam mendukung program pemerintah seperti vaksinasi, penanganan stunting, edukasi remaja, layanan kesehatan seksual dan reproduksi, serta tenda kemanusiaan saat bencana.

“Dalam sejarahnya, PKBI juga turut membidani BKKBN yang kini menjadi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Bahkan, sebelum pemerintah menaruh perhatian pada kesehatan perempuan dengan tingginya angka kematian ibu dan anak, PKBI menjadi pelopor dalam memperjuangkan Pemenuhan Hak – Hak Kesehatan Perempuan,” ungkapnya.

Untuk itu, kata dr Oka Negara, PKBI Bali menyerukan kepada pemerintah untuk menghormati hak-hak organisasi yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Kami menolak keras tindakan penggusuran ini dan mendesak agar pemerintah mencari solusi yang lebih manusiawi dan adil,” tandasnya.

Di sisi lain, dr Oka Negara menyampaikan bahwa PKBI Bali berdiri bersama PKBI Nasional dan seluruh keluarga besar PKBI dalam menghadapi situasi ini dan akan terus memperjuangkan hak-hak kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. (adhy/suteja)


Baca juga: Polres Bandara Ngurah Rai Bersih Sampah di Pantai Sakeh Kuta