Search

Home / Aktual / Sosial Budaya

PKB 2024 Resmi Ditutup

Editor   |    14 Juli 2024    |   20:28:00 WITA

PKB 2024 Resmi Ditutup
Pj Mahendra Jaya saat menutup acara PKB ke-46, Sabtu (13/7/2024) di Denpasar. (foto/adhy)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com – Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-46 Tahun 2024 resmi ditutup oleh Penjabat (Pj) Gubernur Bali, SM Mahendra Jaya pada Sabtu (13/7/2024) di Denpasar.

Mahendra Jaya menilai penyelenggaraan PKB tahun ini telah berjalan dengan lancar dan sukses. Hal ini dilihat dari sejumlah indikator.

Ia menyebut indikator itu antara lain terkait keberhasilan seniman mengaplikasikan tema dalam setiap sajian yang menjadikan pagelaran PKB menjadi semakin berbobot dan berkualitas.

Selanjutnya, tata kelola PKB tahun ini dinilai lebih baik mulai dari penyiapan tempat yang lebih bersih dan rapi termasuk jaminan keamanan dan kesehatan.

Selain itu, pengaturan pengaturan jadwal dan tempat kegiatan pada tahun ini sudah lebih tepat waktu ketimbang sebelumnya.

“Pesta Kesenian Bali yang digelar selama sebulan ini tidak hanya memberi peluang kepada seniman melainkan juga memberi berkah kepada pengrajin (UMKM), penggiat kuliner, transportasi, media dan masyarakat Bali,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Bali, I Gede Arya Sugiartha menyebutkan bahwa PKB yang berlangsung dari 15 Juni -13 Juli tahun ini telah berhasil menarik pengunjung lebih dari 1,6 juta orang dengan jumlah kunjungan rata-rata pengunjung mencapai 56 ribu lebih setiap harinya.

“Paling banyak pada setiap Sabtu dan Minggu, lebih dari 60 ribu orang,” ujarnya.

Penutupan PKB 2024 dimeriahkan dengan pementasan rekasadana sendratari yang berjudul ‘Homa Yadnya’ persembahan Sanggar Seni Kokar Bali bekerjasama dengan SMKN 3 Sukawati. (adhy/suteja)


Baca juga: Ditagih Janji Pemerintah Atasi Ginjal Akut Anak