Search

Home / Infrastruktur

Jalan Lelateng-Baluk Rening Digelontor Rp 6,2 M

Editor   |    11 Agustus 2022    |   17:36:00 WITA

Jalan Lelateng-Baluk Rening Digelontor Rp 6,2 M
Pantai Baluk Rening sepi pengunjung. Berbagai infrastruktur terutama jalan kini sedang dalam perbaikan. (foto/edy)

NEGARA, PODIUMNEWS.com - Pantai Baluk Rening di Kecamatan Negara, merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Jembrana. Namun belakangan objek wisata ini kondisinya sangat memprihatinkan, akibat sepinya kunjungan wisatawan baik asing maupun lokal karena terdampak Covid-19.

Dalam upaya mengembalikan daya tarik wisata di Pantai Rening, Pemkab Jembrana mulai melakukan perbaikan terhadap infrastruktur terutama akses jalan menuju Pantai Baluk Rening.

Lokasi Pantai Baluk Rening sekitar 8 kilometer arah barat kota Negara, bisa ditempuh melalui dua jalur utama. Pertama melalui jalur jalan Desa Banyubiru, yang kondisinya sudah mulus. Kedua melalui jalur  Kelurahan Lelateng - Desa Baluk yang saat ini kondisinya rusak lumayan parah.

Untuk rehabilitasi jalan inilah, tahun ini Pemkab Jembrana mengucurkan anggaran APBD Rp 6,2 milyar lebih. "Kami berharap melalui rehabilitasi ini, selain memperlancar arus transportasi ke objek wisata Baluk Rening juga ekonomi di desa sekitarnya seperti Lelateng, Banjar Tengah, Cupel dan Baluk bisa lebih bergairah," kata Bupati Jembrana, I Nengah Tamba,S.H.

Ditemui saat pembukaan pekan olahraga memeriahkan peringatan 17 Agustus, Rabu (10/8), Bupati Tamba menegaskan tahun 2022 ini sejumlah infrastruktur jalan di wilayahnya mendapatkan anggaran rehabilitasi.

Menyinggung menurunnya kunjungan wisata ke Objek Wisata Pantai Baluk Rening, Bupati Tamba mengakui selain dampak Covid-19 juga kurang gencarnya kegiatan promosi terutama terhadap agen-agen perjalanan.

Namun mantan anggota DPRD Bali ini yakin, pantai Baluk Rening akan kembali ramai karena berbagai fasilitas sudah ada di sana. Bahkan bibir pantai yang dulunya tergerus abrasi, kini sudah dipasang batu yang bisa dimanfaatkan untuk jogingtrack.

Begitu juga penginapan kelas hotel dan home stay sudah banyak berdiri di sana.

Dibandingkan panorama pantai lainnya, pantai Baluk Rening memiliki keistimewaan. Pemandangan alam tidak jauh beda dengan pantai lainnya, yang umumnya menampilkan pasir dan pohon nyiur.

Namun untuk di Baluk Rening, alamnya memiliki aura mistis yang tinggi. Karena selain berhimpitan dengan makam (kuburan) yang terletak di bawah tebing, pasir hitamnya diyakini bisa menyembuhkan rematik.

Penuturan salah seorang pedagang, dulu sering wisatawan yang bermalam memilih kamar yang lokasinya di atas tebing posisinya persis di atas kuburan. Wisatawan sering melakukan meditasi seta berendam pasir panas untuk menghilangkan rematik.

"Berkunjung ke pantai ini bukan hanya bisa memanjakan mata dan merelaksasi fikiran, namun juga bisa mengobati berbagai penyakit, seperti reumatik dan asam urat dengan cara menimbuni dan merendamkan air laut atau pasir di sekujur tubuh," kata pedagang tadi. (Edy)


Baca juga: Abrasi Pantai di Jembrana Digarap