Search

Home / News

Ribuan Personil Polri Amankann Side Event Presidensi G20

Editor   |    22 Agustus 2022    |   17:20:00 WITA

Ribuan Personil Polri Amankann Side Event Presidensi G20
Apel Operasi Gapura Agung VIII Tahun 2022 di Lapangan Lagoon Benoa, Kuta Selatan, pada Senin (22/8). (foto:hes)

NUSA DUA, PODIUMNEWS.com - Polda Bali dan Kodam IX Udayana mengerahkan 2.514 personil dalam rangka pengamanan enam side event Presidensi G20. Ribuan personil ini menggelar apel pasukan dengan sandi Operasi Gapura Agung VIII Tahun 2022 di Lapangan Lagoon Benoa, Kuta Selatan, pada Senin (22/8).

Gelar pasukan itu dihadiri langsung Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putera beserta stakeholder lainnya.

Sebagaimana diinformasikan, ribuan personil Polri yang dilibatkan dalam operasi yang digelar selama 14 hari, dari 22 Agustus sampai 4 September itu merupakan gabungan dari personil Polda Bali dan personil BKO dari Mabes Polri.

Pengamanan itu juga melibatkan anggota TNI dari Kodam IX/Udayana, Danlanal Denpasar, Imigrasi, Bea dan Cukai, BPBD, Dishub, dan stakeholder terkait lainnya.

Kapolda Irjen Putu Jayan meminta kepada seluruh personilnya untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang puncak Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G-20) yang puncaknya pada November 2022 ini.

Disampaikanya, pelaksanaan gelar pasukan pengamanan Gapura Agung VIII Tahun 2022 ini untuk memberikan rasa aman dalam kegiatan side event Presidensi G20 yang digelar selama 14 hari ke depan tersebut. Sementara di Bali, pengamanan terkait Presidensi G20 telah digelar 25 event. Puluhan kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil dan komponen yang terlibat, atas dedikasi dan kinerja yang keras semuanya sehingga mampu menjaga situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif di Bali," katanya.

Jenderal bintang dua di pundak ini meminta kepada ribuan personil untuk mensukseskan event G20 yang di gelar di Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung pada November tahun ini.

"Kegiatan berlangsung selama 14 hari operasi, ada enam rangkaian kegiatan yang akan digelar di Bali. Kegiatan tersebut diikuti oleh lima kementerian dan dihadiri lebih dari 1.600 tamu undangan, baik VIP maupun delegasi masing-masing negara," sebutnya.

Diungkapkannya, seluruh event tersebut akan diselenggarakan di enam lokasi, 10 cooltrip, dan 4 lokasi gala dinner. Selain itu 11 lokasi penginapan yang semuanya berada di kawasan ITDC, Nusa Dua, Kuta Selatan.

Kapolda meminta kepada seluruh personil yang terlibat operasi untuk tidak lengah dalam melakukan pengamanan. Seluruh personil diminta untuk melakukan kolaborasi dan elaborasi.

"Polda Bali melibatkan 2.514 personil yang terdiri dari personil Polda Bali dan personil BKO dari Mabes Polri. Operasi ini juga didukung oleh komponen keamanan lainnya dan stakeholder terkait," ujarnya. (hes/sut)


Baca juga: Mahasiswi Peru Tahanan Narkoba Tewas Akibat Sakit