Search

Home / Nasional

Hampir 10 Ribu Polisi Diterjunkan Pengamanan KTT G20

Editor   |    03 November 2022    |   16:23:00 WITA

Hampir 10 Ribu Polisi Diterjunkan Pengamanan  KTT G20
Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono saat gelar latihan Pra Ops Puri Agung 2022, Kamis (3/11) di Badung. (foto/hes)

MANGUPURA, PODIUMNEWS.com – Mabes Polri menerjunkan hampir 10 ribu personel polisi dengan melibatkan tiga Polda dalam pengamanan Presidensi KTT G20 di Nusa Dua dari tanggal 15-17 November 2022.

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono menyebutkan bahwa jumlah seluruh personel diturunkan mencapai  9700 polisi yang berasal dari Polda Bali, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Polda Jawa Timur.

“Ribuan personel yang dilibatkan telah tiba di Bali pada Selasa 1 November 2022,” Komjen Gatot saat gelar latihan Pra Ops Puri Agung 2022, Kamis (3/11) di Badung.

Sedangkan untuk personel lain yang dilibatkan untuk pengamanan berasal dari unsur TNI, pemerintah daerah (pemda) dan masyarakat.

Menurutnya, pengamanan tidak hanya dilakukan di lokasi pertemuan. Namun juga pengamanan dan pengawalan terhadap kepala negara dan para delegasi di luar gedung.

Ia menyebutkan ada tiga lokasi yang akan didatangi oleh para peserta KTT G20. Yakni Garuda Wisnu Kencana (GWK), Hutan Mangrove dan lokasi tempat mereka menginap.

"Untuk kendaraan yang digunakan para delagasi adalah mobil listrik. Begitu juga dengan kendaran pengawalan, juga serupa yakni mobil dan motor listrik,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Bali Kombes Satake Bayu mengatakan, total personel Polda Bali yang dilibatkan pada KTT G20 berjumlah 4.436 orang. Ribuan personel Polda Bali ini akan bergabung dengan Polda lainnya.

Untuk mengantisipasi timbulnya kemacetan di kawasan Nusa Dua, akan diberlakukan penerapan pelat ganjil-genap bagi kendaraan yang melintas.

Saat tanggal ganjil, hanya pelat kendaraan bernomor polisi genap yang boleh masuk ke wilayah Nusa Dua. Begitu juga sebaliknya.

"Penerapan ganjil-genap akan dilakukan mulai tanggal 11 hingga 17 November 2022. Untuk waktunya mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WITA,” sebutnya. (hes/sut)


Baca juga: Kapolri Umumkan Irjen Ferdy Sambo Jadi Tersangka