Search

Home / Aktual / Kesehatan

Fasyankes Diminta Siaga Saat Nyepi

Made Suteja   |    20 Maret 2023    |   19:27:00 WITA

Fasyankes Diminta Siaga Saat Nyepi
Ilustrasi pelayanan kesehatan oleh tenaga medis (foto/shutterstock)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com – Seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) kabupaten/kota se-Bali diminta kesiapsiagaan memberikan pertolongan kepada masyarakat saat perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945.

Menyusul instruksi Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Bali I Nyoman Gede Anom kepada Kadiskes kabupaten/kota untuk menyiapkan faskes mulai dari Hari Raya Malam Pengerupukan.

"Baik fasilitas milik pemerintah maupun swata," ujar Kadiskes Gede Anom, Senin (20/3) di Denpasar.

Selain itu, pihaknya juga meminta Dinkes kabupaten/kota agar memastikan pelayanan kesehatan pada saat Hari Raya Nyepi. Khususnya Intalasi Gawat Darurat (IGD) dan Instalansi Rawat Inap di rumah sakit (RS) pemerintah maupun swasta seluruh Bali tetap beroperasional secara optimal.

"Dalam hal antar jemput pasien (rujukan) dari rumah maupun ke Fasyankes agar selalu berkoordinasi dengan aparat desa setempat," pintanya.

Pihaknya juga memerintahkan seluruh Dinkes kabupaten/kota mengaktifkan Tim Gerak Cepat di wilayah kerjanya mengantisipasi hal-hal yang berpotensi menimbulkan kejadian luar biasa di bidang kesehatan.

"Mengimbau kepada tenaga medis yang ada di wilayah kerjanya agar dapat memberikan pelayanan telekonsultasi apabila ada masyarakat yang membutuhkan informasi di bidang kesehatan," tutupnya. (adhi/sut)

 

 

 


Baca juga: Faktor Genetik Jadi Pemicu Balita Obesitas di Bekasi