Search

Home / Muda / Kampus

Kunjungi Unud, MA Cari Bibit Hakim Terbaik

Made Suteja   |    30 Oktober 2023    |   14:57:00 WITA

Kunjungi Unud, MA Cari Bibit Hakim Terbaik
Suasan acara MA Goes To Campus di FH Unud, Minggu (29/10/2023) di Denpasar. (foto/adi)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com - Mahkamah Agung (MA) kembali menyelenggarakan kegiatan MA Goes To Campus. Kali ini kegiatan yang selalu mendapatkan sambutan hangat dari para mahasiswa tersebut dilaksanakan di Aula Fakultas Hukum Universitas Udayana (FH Unud), Denpasar.

Kegiatan MA Goes to Campus itu merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya terkait Mahkamah Agung, tugas fungsinya, macam-macam profesi yang ada di dalamnya, dan lain-lain.

Dalam kegiatan itu, MA Goes To Campus menghadirkan para narasumber yang ahli di bidangnya, yaitu Ketua Pengadilan Negeri Singaraja Heriyanti, Hakim Yustisial Biro Hukum dan Humas Riki Raya Perdana Waruwu, serta Vice President of Sales SCTV, Indosiar, Emtek Digital Government Client Sinta Nasution.

“Melalui kegiatan MA Goes To Campus, Mahkamah Agung mencari bibit- bibit terbaik di setiap kampusnya, baik untuk menjadi hakim, panitera, jurusita, dan jabatan lain,” ungkap Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung Sobandi, Minggu (29/10/2023) di Denpasar.

Ia menyatakan, dunia peradilan saat ini sangat berbeda dengan zaman dahulu. Kini, mengikuti perkembangan informasi teknologi (IT) yang ada, Mahakamah Agung hampir di seluruh lini pelayanannya sudah beralih dari manual ke digital.

“Pelayanan peradilan seperti mendaftarkan perkara, pemanggilan para pihak, bahkan bersidang sudah menggunakan media digital. Yang terkini, Mahkamah Agung menggunakan sidang live streaming dan penentuan majelis hakim melalui robot (artificial intellegent),” ujarnya.

Lanjut Soebandi, khawatir jika bukan bibit terbaik maka tidak bisa mengikuti perkembangan yang ada di Mahkakah Agung kini.

Dekan Fakultas Hukuk Universitas Udayana Putu Gede Arya Sumerta Yasa menyatakan bangga kampusnya bisa terpilih sebagai tempat penyelenggaraan MA Goest To Campus. Menurutnya para mahasiswa membutuhkan insight dari para praktisinya langsung.

“Biasanya para mahasiswa itu mendapatkan pelajaran tentang ilmu hukum dari para dosen yang hanya paham teori, kali ini mereka mendapatkan kesempatan berharga karena bisa mendapatkannya langsung dari ahlinya, praktisinya,” katanya.

Ia berharap para mahasiswa semakin tertarik untuk menjadi hakim dan aparatur peradilan dengan profesional dan berintegritas. (adi/sut)


Baca juga: Mahasiswa Diminta Menjadi Pelopor Pemilih Cerdas