Search

Home / Khas / Olahraga

Putra Bali Catat Sejarah di Maung Bandung

Editor   |    01 Juni 2024    |   15:08:00 WITA

Putra Bali Catat Sejarah di Maung Bandung
Asisiten Pelatih Persib I Made Wirawan. (persib)

MANTAN pesepak bola asal Bali, I Made Wirawan berhasil mencatat sejarah untuk klub Persib yang menjadi kebanggaan Kota Bandung, Jawa Barat. (Jabar)

Dalam sejarah Persib, setidaknya sejak era Liga Indonesia, baru ada dua sosok yang berhasil meraih gelar juara sebagai kiper dan pelatih penjaga gawang. Keduanya adalah Anwar Sanusi dan I Made Wirawan.

Away, sapaan akrab Anwar Sanusi menjadi orang pertama yang meraih prestasi itu. Sebagai kiper, ia turut mengantarkan Persib menjuarai Liga Indonesia 1994/1995. Sedangkan sebagai pelatih kiper, gelar juara dirasakannya pada saat Persib menjadi kampiun Liga Super Indonesia 2014.

Jejak itu diikuti Made Wirawan setelah PERSIB menjuarai Liga 1 2023/2024. Saat ini, Made Wirawan merupakan asisten pelatih kiper Persib. Sebelumnya, Made Wirawan adalah penjaga gawang utama saat klub berdiri sejak tahun 1919 itu menjuarai Liga Super Indonesia 2014.

I Made Wirawan adalah kiper legendaris klub sepak bola berjulukan Maung Bandung itu. Ia memutuskan pensiun dari dunia sepak bola pada tahun 2023 saat masih membela Persib.   

Karir dan Prestasi

Made Wirawan adalah pesebakbola kelahiran Kabupaten Gianyar tahun 1981. Ia memulai karir sepak bola di tim lokal tanah kelahiranya di Pulau Dewata, yakni Perseden pada tahun 2002.

Ia tampil bagi tim berjuluk Laskar Catur Murka itu selama tiga musim. Setelahnya ia bergabung tim Bali lainnya, Persekaba.

Di Persekaba, Made Wirawan bermain hingga tahun 2006. Ia pun kemudian memutuskan keluar dari Bali dan bergabung Persiba Balikpapan yang tampil di Indonesia Super League (ISL).

Di tim berjuluk Beruang Madu itu, Made Wirawan bertahan dalam rentang waktu yang lama dan jadi andalan dengan mengenyam 139 penampilan.

Kiprah apiknya itu kemudian membuat Persib Bandung yang dilatih Djadjang Nurdjaman merekrutnya pada 2012 dengan status bebas transfer.

Tanpa butuh waktu lama, kehadiran Made Wirawan memberikan dampak berupa gelar. Gelar pertama yang diberikannya adalah Piala Celebes II pada 2012.

Lalu Made Wirawan mampu membawa Persib menjuarai ISL 2014 dan mengakhiri puasa gelar timnya yang telah berlangsung selama dua dekade.

Made Wirawan yang jadi andalan, mampu menjadi pahlawan berkat kemampuannya menepis penalti, di mana ia mampu menggagalkan penalti Nelson Alom dari Persipura Jayapura dan memastikan gelar liga untuk Persib.

Tak sampai di situ saja, Made Wirawan kembali membawa Persib meraih gelar Piala Presiden di tahun 2015 usai Maung Bandung mengalahkan Sriwijaya di partai final.

Kiprah apiknya di bawah mistar membuat Timnas Indonesia sempat mempercayainya sebagai penjaga gawang. Ia tercatat membela tim Merah Putih untuk delapan pertandingan.

Terkait prestasi pencapaiannya kali ini, Made Wirawan pun menyambut gembira pencapaiannya itu. "Pastinya luar biasa meraih juara sebagai pemain dan asisten kiper saat ini. Ini adalah musim pertama saya sebagai pelatih dan langsung juara. Luar biasa membanggakan pastinya," kata Made Wirawan di Surabaya, Sabtu (1/6/2024).

Prestasi ini diharapkan menjadi awal baik dalam karier kepalatihannya. Made Wirawan berharap prestasi terbaik bisa kembali dicapainya di musim-musim mendatang. "Semoga lebih baik lagi kedepannya," pungkasnya.

Made Wirawan memutuskan pensiun sebagai pemain pada musim lalu. Dia langsung diangkat menjadi bagian tim pelatih kiper di Maung Badung mendapingi Luizinho Passos. (adi/suteja)


Baca juga: Ingin Tembus Timnas Indonesia Putri