Search

Home / Aktual / Ekonomi

Seni Tato Telah Jadi Industri Kreatif

Editor   |    30 Juni 2024    |   19:25:00 WITA

Seni Tato Telah Jadi Industri Kreatif
Wawali Arya Wibawa mengunjungi salah satu stand seniman tato di Denpasar Tattoo Exhibition, Sabtu (29/6/2024) di Denpasar. (foto/adhy)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com - Wakil Walikota (Wawali) Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan bahwa seni tato telah menjadi bagian industri kreatif yang berpeluang dapat turut mengembangkan ekonomi lokal.

Hal itu disampaikan Wawali Arya Wibawa saat membuka Denpasar Tattoo Exhibition serangkaian gelaran Denpasar Youth Festival (D'Youth) 4.0, Sabtu (29/6/2024) di Graha Yowana Suci, Denpasar.

"Kegiatan tato saat ini telah menjadi industri kreatif, serta telah menjadi bagian dari pariwisata yang dapat meningkatkan ekonomi lokal dan mempromosikan seni budaya Bali secara global," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa tak sedikit seniman tato di Bali telah mampu bersaing dengan seniman tato di tingkat nasional bahkan internasional.

Untuk itu, ia berharap ajang Denpasar Tattoo Exhibition yang menampilan seni tato dengan berbagai gaya dan teknik yang berbeda ini akan dapat meningkatkan kemampuan seniman tato di Bali.

“Pameran ini juga dilengkapi dengan berbagai kegiatan seperti workshop, pertunjukan, dan kompetisi yang terkait dengan seni tato. Seniman tato yang tidak saja datang dari Bali, namun juga ada datang dari luar Pulau Bali.”

“Ini kesempatan bagi para penggemar seni tato, ini merupakan kesempatan yang bagus untuk melihat karya-karya inspiratif dan bertemu dengan komunitas seni tato secara luas. Di samping itu, dapat berhubungan dengan seniman dan penggemar tato lainnya untuk memperluas jaringan dan belajar dari pengalaman mereka,” imbuhnya menjelaskan.

Sementara Ketua Panitia Denpasar Tattoo Exhibition, Putu Agus Eka Putra Santika menyampaikan, 104 tattoo artist (seniman) dari Bali dan juga luar Pulau Bali terlibat tahun ini serangkaian D'youth Fest 4.0 yang berlangsung dari tanggal 29-30 Juni.

"Kini setiap tahun dalam pelaksanaan D'Youth Fest, ajang Denpasar Tattoo Exhibition kembali terselenggara, dan para pengunjung dapat teredukasi yang juga digelar diskusi tentang tato," ujar Santika atau akrab disapa Kink.

Ia lalu juga mengamini pernyataan Wawali Arya Wibawa bahwa banyak seniman tato di Bali yang sudah mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.  

“Banyak sekali artis lokal kita sudah sekaliber internasional, banyak yang sudah sering juara di tingkat Internasional, serta artis lokal Bali banyak yang sering diundang untuk mengikuti tattoo expo di luar negeri,” terangnya. (adhy/suteja)


Baca juga: Indonesia Menjadi Mesin Ekonomi Utama di Asia Tenggara