Search

Home / Aktual / Politik

Pariwisata Harus Berpihak pada Warga Bali

Editor   |    02 Juli 2024    |   12:29:00 WITA

Pariwisata Harus Berpihak pada Warga Bali
Ilustrasi suasana warga lokal Bali sedang melakukan tradisi ritual keagamaan di sela-sela turis asing sedang menikmati suasana pantai di Bali. (menparekraf)

PODIUMNEWS.com – Maraknya fenomena turis asing yang turut berebut kue ekonomi industri pariwisata Bali kembali menjadi sorotan politisi nasional.   

Kali ini adalah Anggota Komisi X DPR RI Rosiyati MH Thamrin.

Ia menegaskan bahwa kemajuan industri pariwisata di Bali harus lebih menguntungkan bagi kesejahteraan warga lokal.

“Harus mengedepankan penduduk aslinya. Jangan sampai hanya sebagai penonton saja, namun harus bisa lebih diperhatikan dan dikembangkan guna kelangsungan hidup mereka,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (2/7/2024).

Legislator Dapil Kalsel I ini kembali menegaskan, turis asing tidak boleh  menguasai bisnis atau mencari keuntungan dalam kepariwisataan di Bali.

Untuk itu menurutnya, revisi UU Kepariwisataan perlu menekankan pihak yang boleh ikut serta dalam pengembangan industri pariwisata.

"Saya menginginkan (pemerintah, red) provinsi, kabupaten daerah, dan kementerian terkait dapat melindungi masyarakat pribumi khususnya di bidang pariwisata, karena di situlah mereka mencari mata pencaharian untuk kelangsungan hidup keluarganya,” terangnya.

“Dengan demikian perlu peran penting pemerintah dalam hal ini bisa tegas dalam meberikan aturan-aturan tentang Kepariwisataan di Indonesia," imbuhnya. (riki/suteja)

 

 

 


Baca juga: Putusan PN Jakpus Tak Bisa jadi Dasar Penundaan Pemilu