Search

Home / News

Patroli Gabungan Tekan Kriminalitas Jalanan di Kuta

Editor   |    14 Agustus 2022    |   20:25:00 WITA

Patroli Gabungan Tekan Kriminalitas Jalanan di Kuta
Kapolresta Denpasar Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas dan Dandim 1611/Badung Kolonel Inf Dody Triyo pimpin patrol gabungan di wilayah Kuta. (foto/hes)

KUTA, PODOIUMNEWS.com – Marakanya aksi kriminalitas jalanan meresahkan turis asing di wilayah Kuta, terlebih jelang Presidensi G20, Polresta Denpasar dan Kodim 1611/Badung melaksanakan patrol gubungan.

Patroli gubungan itu, dipimpin Kapolresta Denpasar Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas dan Dandim 1611/Badung Kolonel Inf Dody Triyo di wilayah kampung turis Kuta.

Patroli gabungan ini melibatkan 79 personel gabungan TNI-Polri bersama pecalang dari dua desa adat di Kuta. Giat patroli menyasar wilayah Kuta yaitu Sepanjang jalan Legian, Jalan Popies 1 dan Popies 2 serta seputaran Jalan Pantai Kuta.

Kapolresta Bambang mengatakan patroli gabungan ini merupakan bentuk sinergitas TNI-Polri dalam mengamankan wilayah dari aksi jambret, copet dan kejahatan lainnya. Apalagi dalam waktu dekat Bali akan menjadi tuan rumah G20 yang memerlukan jaminan keamanan.

"Menjelang pengamanan G-20 kita harus mengamankan dan menciptakan situasi  Kamtibmas yang landai agar kepercayaan dunia luar dalam mengadakan G-20 terlaksana," kata Kombes Bambang, Minggu (14/8).

Keterangan terpisah, Dandim 1611 Badung Kolonel Inf Dody Triyo mengatakan bahwa sinergitas ini sebagai langkah antisipasi terhadap maraknya aksi kejahatan jalanan menimpa turis asing di kawasan pariwisata Kuta.  

"Kami Kodim 1611 Badung selalu mendukung upaya kepolisian untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat di wilayah Kuta yang sempat beberapa waktu lalu terjadi hal-hal yang kurang baik,” ucapnya.

Dandim Dody menjelaskan bahwa selama ini sudah menyampaikan jajaran apabila melihat pelaku kejahatannya jalanan segara tangkap dan  diserahkan kepada Kepolisian.

Ia juga mengimbau dan mengajak masyarakat untuk peduli. Jika ada kriminal yang kecil dibiarkan nanti akan berkembang menjadi yang besar. "Jadi tidak boleh berkembang sehingga wilayah aman dan zero kriminal," ujarnya.

Sementara tim gabungan melaksanakan patroli dialogis dengan pengunjung sepanjang jalan Legian dan Popies 1 dan Popies 2 Kuta. Tim gabungan menelusuri sejumlah lokasi dan bertatap muka dengan para turis yang melintas. (hes/sut)


Baca juga: Vaksinasi di Indonesia Tembus Dua Juta Dosis Sehari