Search

Home / Infrastruktur

Lima Tahun Rusak, Jalan Matahari Kembali Mulus

Editor   |    24 Agustus 2022    |   17:50:00 WITA

Lima Tahun Rusak, Jalan Matahari Kembali Mulus
Jalan Matahari yang rusak sejak lima tahun lalu kini kembali mulus, setelah perbaikan dengan aspal hotmix (foto/edy)

NEGARA, PODIUMNEWS.com- Warga yang selama ini mengeluhkan kondisi jalan Matahari mulai lega, menyusul rampungnya perbaikan jalan tersebut. Jalan Matahari yang merupakan ruas jalan provinsi, sejak lima tahun lalu memang mengalami kerusakan cukup parah.

Bahkan warga sempat swadaya melakukan perbaikan dengan mengecor memakai campuran beton, di bagian -bagian jalan yang berlubang. Namun cara itu tidak efektif, apalagi di saat musim hujan tambalan beton itu hanya bisa bertahan sekitar tiga bulan.

Beberapa ruas jalan Matahari yang mengalami kerusakan cukup parah sebelum diperbaiki, di ujung jembatan sungai Kaliakah dan jalan menanjak dekat Pura Dalem (setra) Kekurahan Baler Bale Agung. " Sekarang jalannya sudah kembali licin, dan pada sisi kanan-kiri jalan juga dipasang beton sehingga jalan menjadi lebih lebar," kata salah seorang warga Perumnas Ahmad Farid, Rabu (23/8).

Perlu diketahui jalan Matahari  merupakan jalan provinsi, dan menjadi alternatif Denpasar - Gilimanuk apabila jalan utama mengalami krodit. Jalan Matahari juga menjadi satu-satunya akses dari Desa Kaliakah menuju Baler Bale Agung lewat Perumnas Baler Bale Agung. Karena sebagai jalur alternatif, jalan sepanjang sekitar 2 km itu setiap hari lalu-lintasnya cukup ramai.

Perbaikan Jalan Matahari oleh Pemkab Jembrana dianggarkan melalui dana alokasi khusus (DAK) tahun 2022 sebesar Rp 2,9 milyar.  Sesuai papan pengumuman proyek, perbaikan Jalan Matahari  dikerjakan dalam waktu 150 hari dimulai bulan Mei lalu. Sesuai jadwal, mestinya perbaikan jalan tersebut baru akan rampung September bulan depan.  Karena berbagai faktor terutama faktor cuaca yang kondusif,  proses perbaikannya bisa rampung lebih awal. (Edy)


Baca juga: Abrasi Pantai di Jembrana Digarap