Search

Home / Aktual / Politik

Koster Bantu Pemulangan Jenazah PMI Bali di Ceko

Editor   |    09 Juni 2024    |   19:24:00 WITA

Koster Bantu Pemulangan Jenazah PMI Bali di Ceko
Ketua DPD PDI-P Bali Wayan Koster. (dok/podiumnews)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com – Ketua DPD PDI-P Bali Wayan Koster bersama sejumlah kader di Buleleng mengadvokasi pemulangan jenazah Nyoman Yudara, pekerja migran Indonesia (PMI) asal Desa Tejakula, Buleleng, yang bekerja di Ceko.

Koster mengatakan menerima informasi meninggalnya Nyoman Yudara pada tanggal 7 Juni 2024. Tindak lanjut informasi tersebut, pihak keluarga berharap jenazah almarhum dapat dipulangkan untuk upacara pengabenan.

Namun pihak keluarga terkendala lantaran biaya yang dibutuhkan cukup besar sekitar Rp 98 juta. Mengetahui kondisi tersebut Wayan Koster mengambil inisiatif untuk membantu.

Koster menugaskan petugas partai asal Buleleng bergotong-royong membantu keluarga agar jenazah almarhum segera bisa dipulangkan.

“Keluarganya menginginkan jenazah dipulangkan agar bisa dilakukan upacara ngaben, namun terkendala biaya yang cukup besar sekitar Rp 98 juta. Jadi kami bertindak cepat untuk menolong keluarga,” ujarnya, Minggu (9/6/2024) di Denpasar.

Berkat respon petugas partai sangat cepat, kata Koster lebih lanjut, pada tanggal 9 Juni 2024 berhasil terkumpul dana gotong-royong sebesar Rp 100 juta.

“Dana yang terkumpul akan diserahkan kepada pihak keluarga hari Senin (10/6/2024), pukul 15.00 WITA oleh petugas partai (PDI-P) asal Buleleng dipimpin Gede Supriatna,” terang Koster.

Selain itu, Koster mengatakan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak kedutaan, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Bali untuk proses pemulangan jenazah almarhum secepat mungkin.

Astungkara, semua berjalan lancar,” tandasnya. (adhy/suteja)


Baca juga: Putusan PN Jakpus Tak Bisa jadi Dasar Penundaan Pemilu