Search

Home / Aktual / News

Dadong Rasti Selamat dari Ledakan LPG

Editor   |    14 Juli 2024    |   21:32:00 WITA

Dadong Rasti Selamat dari Ledakan LPG
Petugas Damkar berusaha memadamkan kobaran api yang menghanguskan warung Dadong Rasti, Minggu (14/7/2024) di Denpasar. (foto/hes)

DENPASAR, PODIUMNEWS.com – Seorang nenek bernama Ni Nyoman Rasti (75) sangat beruntung karena bisa selamat dari peristiwa ledakan dahsyat 15 tabung LPG ukuran 3 kg.

Peristiwa ledakan yang memicu kebakaran hebat itu terjadi di Jalan SMA 3, Gang 7 Nomor 5 Denpasar, pada Minggu (14/7/2024) sekitar pukul 14.30 WITA.

Insiden kebakaran tersebut menghanguskan rumah kosan dan warung sembako milik Nyoman Rasti yang akrab disapa Dadong Rasti.

Dadong Rasti yang menjadi korban kebakaran itu diselamatkan oleh keponakanya. Namun ia mesti dilarikan ke RSUD Wangaya, Denpasar.

Saksi mata Bloh Nengah menyebutkan, saat kejadian ia baru saja pulang ke kosan dan melihat warung tak jauh dari kosnya terbakar. Ia mengatakan dirinya kaget melihat nyala api sudah membesar dan membakar hampir seluruh bangunan kos-kosan. Beberapa saat kemudian, petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian.

"Empat kamar ludes beserta isi terbakar. Satu unit sepeda motor vario 2013 ikut terbakar. Diduga bersumber dari warung sembako milik dadong yang ada di TKP," ujar saksi.

Sementara itu, beberapa warga yang ditemui mengatakan, awalnya mencium aroma asap, sekitar pukul 14.30 WITA. Setelah dicek, api diduga berasal dari dalam warung sembako. Warga yang melihat kepulan asap langsung berteriak kebakaran.

Warga kemudian membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, kobaran api sulit dijinakkan. Bahkan terdengar beberapa kali ledakan diduga bersumber dari tabung gas LPG di dalam warung sembako.

Yang menarik, ada warga yang nekat menerobos ke dalam warung untuk menyelamatkan Dadong Rasti. Padahal kobaran api kian membesar. Pria berkepala plontos itu ternyata keponakan dadong bernama Gede Wijaya Sucipta.

"Dadong Rasti dapat diselamatkan oleh keponakannya sendiri. Dadong dan ponakanya alami luka bakar dan dilarikan ke RS Wangaya," ungkap warga.

Beberapa saat, si jago merah kian membesar dan merembet ke bangunan kosan empat kamar tersebut. Tak lama, sekitar pukul 16.25 WITA, petugas Damkar Denpasar akhirnya bisa memadamkan api.

Kasi Humas Polresta Denpasar AKP I Ketut Sukadi menjelaskan pihaknya telah memintai keterangan sejumlah saksi terkait kejadian tersebut. Dibenarkanya bahwa saat kebakaran, Dadong Rasti masih berada di dalam kamar.

"Beruntung berhasil diselamatkan keponakanya, keduanya alami luka bakar,” ujarnya.

Dijelaskanya, Tim Identifikasi Polresta Denpasar tiba dan selanjutnya melakukan olah TKP. Disebutkanya, warung tersebut menjual barang sembako dan makan ringan serta LPG 3 kg sebanyak 15 tabung.

"Belum diketahui penyebab pasti karena korban sudah cukup tua dan lupa akan kejadian tersebut, masih diselidiki," terangnya. (hes/suteja)


Baca juga: Polres Bandara Ngurah Rai Bersih Sampah di Pantai Sakeh Kuta