Search

Home / Muda / Tren

Yuk, Belajar Hidup Minimalis!

Made Suteja   |    01 Oktober 2023    |   16:35:00 WITA

Yuk, Belajar Hidup Minimalis!
Ilustrasi gaya hidup minimalis. (istock)

SIAPA yang masih mengira gaya hidup minimalis hanya seputar mengurangi benda? Nyatanya, minimalis itu tidak melulu soal mengurangi benda atau hal yang tidak esensial, tetapi juga tentang menjaga agar kita tidak membawa masuk hal-hal yang tidak diperlukan ke dalam hidup.

Pada dasarnya, mengurangi merupakan tindakan terakhir dalam siklus konsumsi, tetapi yang harus diperhatikan juga adalah bijak dalam mengonsumsi atau membeli agar tidak perlu mengurangi hal atau barang berlebih yang tidak bermanfaat. Hal ini karena, ketidakluputan manusia dalam mengonsumsi sesuatu.

Minimalis di sini, kita akan jauh lebih sadar dan bijak dalam melihat dan membeli sesuatu. Banyak yang lupa bahwa yang paling penting dalam belajar hidup menjadi minimalis adalah mengontrol konsumsi kita. Oh iya, jangan lupa juga untuk belajar melatih diri agar lebih bijak dalam membeli sesuatu dengan cara menyadari serta memahami apa saja yang menjadi kebutuhan.

Setelah kita menyadari, maka kita tidak asal membeli sesuatu hanya karena barang tersebut sedang murah atau diskon dan berujung malah tidak terpakai. Dalam membeli barang, pastikan barang tersebut memiliki kualitas yang baik, awet serta nyaman dan jangan lupa untuk menyesuaikan kemampuan finansialmu, ya!

Semakin kita bijak dalam berkonsumsi atau membeli barang, maka kita akan semakin paham bahwa barang atau hal yang perlu dikurangi semakin sedikit. Hal ini karena kita sudah tercukupkan oleh benda-benda yang memang esensial atau bermanfaat untuk kehidupan,

Yuk, gimana? Sudah tertarik untuk menerapkan gaya hidup yang minimalis dengan bijak dalam mengonsumsi atau membeli barang-barang? Jangan lupa untuk biasakan diri untuk gaya hidup minimalis ya, karena ini sangat bermanfaat untuk kehidupan kita, loh!

(devi/sut)


Baca juga: ChatGPT Bisa Gantikan Peran Google? Begini Penjelasan Dosen Unair