Search

Home / Muda / Tren

Kiat Adaptasi di Dunia Kerja Bagi Fresh Graduate

Editor   |    17 Juni 2023    |   17:57:00 WITA

Kiat Adaptasi di Dunia Kerja Bagi Fresh Graduate
Ilustrasi – Suasana team work karyawan dalam dunia kerja di sebuah perusahaan. (shutterstock)

BAGI kalian Sobat Muda yang baru lulus kuliah atau fresh graduate tentu saat ini awal atau sedang mencari kerja. Tentu dunia kerja bagi sebagian dari kalian adalah suatu pengalaman baru.

Nah, Sobat Muda, kali ini Redaksi akan membagikan sedikit kiat bagaimana beradaptasi di dunia kerja. Redaksi akan membagikan kiat dan tips yang dilansir dari laman Unair.

Baru-baru ini Direktorat Pengembangan Karier, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (Unair) menggelar webinar bertajuk Moving Froom Campus to Corporate Life pada Kamis (15/6/2023) lalu.

Pada acara yang berlangsung secara daring itu, VP Human Capital PT Kilang Pertamina Internasional Dewi Kurnia Salwa, hadir sebagai pemateri. Dalam paparan materinya, Dewi banyak menerangkan mengenai beradaptasi di dunia kerja, utamanya bagi para fresh graduate.

Yuk, Sobat Muda, kita simak pejelasan Dewi Kurnia soal kiat beradapatsi di dunia kerja bagi fresh graduate.

Dewi menjelaskan bahwa dunia kerja memiliki kultur yang berbeda dengan dunia perkuliahan, sehingga membutuhkan penyesuaian tersendiri untuk memperlancar kinerja ke depannya.

Salah satu hal yang ditekankan oleh Dewi adalah pentingnya mempelajari kultur kerja yang berlaku di tempat kerja kita masing-masing. Dewi menerangkan bahwa kultur kerja dapat berbeda antara perusahaan satu dengan perusahaan lain. Sehingga penting untuk memahaminya.

Kultur Kerja yang Berbeda

Ia mencontohkan, PT Kilang Pertamina Internasional sendiri memiliki kultur kerja berupa high performance cultur yang memungkinkan karyawan yang memiliki performa tinggi untuk memperoleh kesempatan eksposur yang lebih tinggi pula.

 

“Kita nggak bisa bilang yang rajin dan enggak sama aja. Orang yang performanya tinggi akan mendapat perhatian yang lebih tinggi juga oleh perusahaan,” tegasnya.

Teamwork (kerja tim) menjadi hal selanjutnya yang perlu diperhatikan saat memasuki dunia kerja. Dewi menjelaskan bahwa seorang karyawan harus memiliki mental bekerja dalam tim serta mampu membuat relasi, baik secara internal maupun eksternal. Berkaitan dengan relasi, Dewi memberikan sebuah tips agar relasi yang kita jalin dapat bertahan lama.

Ada Tips

“Ketika kita mempunyai relation, jangan membuat ketika kita membutuhkan. Tapi, kita memulai relation sejak sebelum kita butuh dan itu akan lebih sustain dengan orang lain dan akan lebih membantu mempermudah pekerjaan kita,” ujar Dewi.

Hal lain yang perlu kita miliki saat memasuki dunia kerja adalah kemampuan komunikasi. “Bagaimana kita berkomunikasi dengan orang itu akan sangat mempengaruhi keberhasilan di dunia kerja, karena kita akan berhubungan dengan customer kita, dengan stakeholder kita, dengan teman-teman kita. Di situ kita harus mengembangkan communication skill kita,” terang Dewi.

Di kesempatan itu, Dewi juga menegaskan pentingnya seorang karyawan untuk memiliki kemauan untuk belajar.

“Baik membaca sendiri, mengikuti seminar sendiri, atau sertifikasi sendiri itu sangat disarankan di dunia kerja karena kita tidak hanya tau keterbatasan kita tapi tahu kelebihan diri sendiri,” pungkas Dewi. (devi/sut)


Baca juga: ChatGPT Bisa Gantikan Peran Google? Begini Penjelasan Dosen Unair